Thursday, June 6, 2013

Arti Dibalik Empat Simbol Led Zeppelin

Jimmy Page, John Paul Jones, John Bonham dan Robert Plant. Para punggawa Led Zeppelin meluncurkan album mereka yang keempat pada tahun 1971 dengan tanpa judul ataupun nama mereka. Mereka hanya mengukir empat lambang yang mewakili pribadi mereka. Banyak argumen mengapa mereka hanya menampilkan simbol-simbol saja? Apa arti semua ini?



Berikut mungkin sedikit penjelasan yang bisa membuka tabir dari lambang Led Zeppelin.



 
Jimmy Page - Guitar

Lambang yang sering dibaca sebagai Zoso ini dipilih oleh Jimmy Page, sebenarnya banyak mengandung misteri dan perdebatan. Robert Plant sang vokalis pernah berkata, “Tidak seorangpun yang tahu akan arti simbol itu, simbol itu dibikin oleh dia sendiri, mungkin gabungan dari berbagai simbol keagamaan”. Tahun 1987 Robert Plant pernah mengakui bahwa pada tahun 1975 Jimmy Page pernah berkata, ”Aku akan beritahu kamu sekali ini saja mengenai arti simbolku.”. Tapi kemudian Robert Plant lupa apa yang Jimmy Page katakan, dan dia tidak mau cerita lagi pada Robert Plant.

Tetapi kemudian setelah ditelusuri oleh oleh beberapa “pakar simbol” yang penasaran akhirnya lambang ini sedikit terkuak. Ternyata berasal dari buku "Ars Magica Arteficii" tahun 1557 yang dikarang oleh Gerolamo Cardano alias J. Cardan, seorang ahli peneliti yang mengidentifikasi lambang tersebut sebagai sebuah zodiak. Lambang ini ditemukan juga dalam buku “Dictionary of Occult, Hermetic and Alchemical Sigils” karya Fred Gettings, yang disebarluaskan pada tahun 1982 oleh Routledge & Kegan Paul. Lambang ini menggambarkan Planet Saturnus untuk tujuan alam gaib.

Page berzodiak Capricorn, lambang di bawah naungan Saturnus, dan Z- hanya khusus untuk tanda dari Saturnus. Kemudian -oSo- identik dengan simbol dari Merkuri yang juga berhubungan dengan Saturnus. Dalam sebuah penelitian bahwa ini menunjukan pada lambang legenda Dewa Mercury, Hermes, di mana hal ini tergambar pada sampul album mereka dan kemudian dipraktekkan oleh Page sendiri pada sebuah konser film berjudul “The Song Remains the Same”.

Lambang -oSo- juga identik dengan Lucifer (setan -red) yang menurut Aleister Crowley dalam bukunya “The Equinox”. Keseluruhan simbol ini mengarah pada karakter “Alphabet of the Magi”, semacam mantra alam gaib yang digunakan pada abad ke 7. Arti semua ini hanya Page yang tahu, dia tidak pernah memberitahu kepada publik arti dari lambangnya tersebut. Page diketahui tertarik dengan Aleister Crowley, seorang pemuja dan pencetus Gereja setan. Page sendiri diketahui mengoleksi bebagai macam peninggalan dan manuskrip dari Crowley, termasuk rumah Crowley di danau Loch Ness, Boleskine House. Tahun 1970 Page membuka sebuah toko pemujaan yaitu The Equinox di London, yang menampilkan berbagai macam benda-benda aneh.

Lambang Zoso juga terdapat pada buku “Le Dragon Rouge”.


John Paul Jones - Bass & Keyboard

Lambang yang di pilih oleh John Paul Jones adalah gabungan dari tiga buah lingkaran oval yang melambangkan persatuan dan kekeluargaan,juga melambangkan kehandalan dan kepercayaan diri.Lambang ini diambil dari “The Book of Signs” karya Rudolf Koch pada halaman 32 dan 33.Buku ini di publikasikan oleh The Limited Editions Club, London, 1930. 


John Bonham - Drums
John Bonham memilih lambang ini yang berupa tiga buah lingkaran yang saling bertautan, yang merupakan trilogi dari Lelaki, Wanita dan Anak-anak. Juga merupakan dari lambang dari sebuah produk minuman “Ballantine Beer”. Bahkan bagi kaum Kristen lambang ini berarti Trinitas (Tiga yang Agung). Simbol ini juga terdapat pada “The Book of Signs” sama seperti simbol dari John Paul Jones.
Robert Plant - Vocals

Lambang yang kalau dilihat seperti “bulu di dalam lingkaran” ini dipilih oleh vokalis Led Zeppelin, Robert Plant. Lambang ini ditemukan pada sebuah buku “The Sacred Symbols of Mu” di Bab 5 pada halaman 142-143 yang dikarang oleh Colonel James Churchward yang bercerita tentang kebudayaan yang pernah ada 15.000 tahun yang lalu di lautan Pasific antara Cina dan Meksiko.

Ini bisa ditemukan pada bebatuan di berbagai tempat, seperti di Ethopia, Meksiko, Mesir, India, Cina dan beberapa tempat lain.Yang aneh, menurut penelitian lambang ini hanya ditemukan pada satu periode saja.

Dalam penelitian yang lain menunjukan bahwa lambang ini juga merupakan simbol dari Dewi Mesir Ma’at, yang melambangkan kebenaran, keadilan, kejujuran. Menurut mitos Mesir, sang Dewa Kematian Anubis akan mengambil hati yang mati dan ditimbang dengan bulu Dewi Ma’at. Jika lebih berat maka orang tersebut akan masuk neraka, begitupun sebaliknya.


No comments:

Post a Comment